RajaWow Menyajikan Berita Unik, Kejadian Aneh dan Misteri di Dunia.

5 Negara yang Pandai Berbahasa Jawa Selain Indonesia

Beberapa besar orang Indonesia tentu sudah kenal Bahasa Jawa walaupun juga cuma beberapa yang tahu serta mengerti arti dari beberapa orang yang sedang menggunakan Bahasa Jawa itu. Bahasa Jawa banyak dipakai oleh masyarakat bersuku Jawa di Jateng, Jawa Timur serta Yogyakarta. Ada pula lebih dari satu kota di Jawa seperti Serang, Tangerang, Cilegon, Karawang, Cirebon, Subang, serta terdapat banyak lagi yang memakai bahasa ini. Selain beberapa daerah di Indonesia, nyatanya bahasa Jawa sudah menebar luas hingga kebeberapa belahan bumi yang lain. Berikut ke lima negara didunia ini yang memakai bahasa Jawa juga sebagai bahasa untuk berkomunikasi, ditulis dari situs (blog) Jalanalakid, Senin (23/2/2015).

1. Republik Suriname

Negara ini menjadi negara di Amerika Selatan yang dulunya merupakan sisa jajahan Belanda serta bernama Guyana Belanda. Negara ini berbatasan dengan Guyana Prancis di samping timur, selatan dengan negara Brasil, di barat dengan Guyanama serta di utara dengan Samudera Atlantik. Pada tahun 1890-1939 lebih kurang 75 ribu orang Jawa dibawa oleh Belanda untuk tinggal di negara ini. Sehingga lebih kurang 15% masyarakat disana memakai bahasa Jawa dalam kesehariannya.


2. Belanda

Penyebaran bahasa Jawa di negara Belanda nyatanya dibawa oleh beberapa orang Jawa sebagai budak untuk negara Belanda. Sehingga saat ini lebih dari satu negara di Eropa termasuk juga Belanda sendiri pengen mendalami bahasa Jawa serta bahkan juga kebudayaan Jawa. Di suatu Kampus di Belanda, Kampus Leiden ada naskah-naskah kuno yang berhurufkan tulisan Jawa atau sastra jawa yang masih tetap dapat kita temui disana.

3. Nouvelle-Celedoni

Nouvelle-Celedoni atau kerap dimaksud Kaledonia baru menjadi negara kepulauan di seberang laut Prancis yang terdapat di selatan Samudera Pasifik serta mempunyai ibu kota bernama Noumea. Beberapa masyarakat di negara ini ditempati oleh masyarakat suku Jawa. Mereka dulunya menjadi pekerja kontrak yang pengen mencari kehidupan tambah baik di negara ini. Masyarakat disana memakai bahasa Jawa juga sebagai bahasa keseharian sampai saat ini.

4. Kepulauan Cocos


Kepulauan Cocos atau Cocos Island merupakan kepulauan dengan luas 14, 2 kilometer persegi yang terbagi dalam dataran rendah berkarang koral di Samudera Hindia. Kepulauan ini mempunyai ibu kota bernama West Island. Di kepulauan ini lebih kurang 80% penduduknya bersuku Jawa serta Melayu yang disebut keturunan orang Indonesia dari Jawa yang di bawah oleh bangsa Inggris juga sebagai pekerja perkebunan pada zaman ke-19. Bahasa Indonesia bahkan juga kelihatan terang di pakai oleh negara ini pada logo kepulauan itu.

5. Malaysia

Para masyarakat Jawa yang saat ini tinggal di Malaysia biasanya telah jadi warga negara ini. Para leluhur mereka datang ke Malaysia hasil dari desakan perekonomian di Indonesia pada tahun 1900-an. Mereka saat ini yang tinggal di Malaysia menjadi generasi ketiga atau ke empat dari masyarakat yang bermigrasi pada tahun itu. Walaupunpun masih tetap memakai bahasa Jawa ketika berkomunikasi, mereka sudah dikira juga sebagai warga yang sah di negara itu menurut undang-undang di Malaysia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Negara yang Pandai Berbahasa Jawa Selain Indonesia

0 comments:

Posting Komentar

Kolom komentar Rajawow.com tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam ber ekspresi. Setialah pada topik dalam berkomentar yang berisi link aktif dan komentar yang tidak relafan akan di hapus dan Jika artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.
.