RajaWow Menyajikan Berita Unik, Kejadian Aneh dan Misteri di Dunia.

Ditemukan Materi Gelap yang Picu Kepunahan Makhluk Bumi

Ditemukan Materi Gelap yang Picu Kepunahan Makhluk Bumi
 
Ditemukan Materi Gelap yang Picu Kepunahan Makhluk Bumi -
Dari beragam jenis spesies makhluk hidup yang ada di bumi sekarang ini, cuma ada beberapa kecil saja yang sudah hidup dari jaman purba kala. Sebagian besar spesies kuno sudah punah. Beberapa peneliti memperkirakan banyak hal sebagai pemicu kepunahan, satu diantaranya yaitu ketidakmampuan satu spesies untuk berevolusi.

Beberapa waktu terakhir, dunia sains memperoleh satu teori lagi yang terkait dengan pemicu kepunahan. Menurut seseorang profesor biologi dari New York University, Michael Rampino, hilangnya banyak spesies bumi terkait dengan kehadiran satu jenis materi gelap yang tidak terlihat yang ada di semesta.

Dalam makalahnya untuk ‘Monthly Notices of the Royal Astronomical Society’, Profesor Rampino memiliki pendapat bahwa sistem tata surya kita dengan teratur masuk awan yang terbentuk dari partikel-partikel subatom yang lalu mengganggu kestabilan inti bumi serta mengacaukan orbit lemah komet-komet luar angkasa.

Partikel subatom yang membuat awan tersebut yang disebut materi gelap. Substansi ini sendiri masih tetap belum sukses di teliti selanjutnya oleh beberapa ilmuwan lantaran keberadaannya yang jauh serta tak kasat mata.

“Sejarah kehidupan di bumi tidak terlepas dari momen kepunahan besar-besaran, dimana manusia masih tetap berjuang untuk mencari penuturannya, ” ungkap Profesor Rampino seperti ditulis dari DailytelegraphAU.

Profesor Rampino memiliki pendapat bahwa ada kemungkinan bahwa materi gelap–yang walau masih tetap belum terang tetapi sudah membuat seperempat dari alam semesta–merupakan jawaban dari pemicu kepunahan. Lantaran dari skala semesta materi itu yaitu substansi utama, jadi mungkin saja unsur itu juga mempunyai dampak langsung pada kehidupan diatas muka bumi.

Kepercayaan Profesor Rampino atas teori ini memperoleh sebagian pertanyaan dari sesama ilmuwan. Seorang astrofisikawan dari Monash University, Dr Michael Brown, terasa bahwa teori Rampino ini tidak mungkin berlangsung.

“Klaim bahwa kepunahan berlangsung berkala memancing reaksi skeptis, serta teori yang menghubungkan kepunahan dengan materi gelap sungguh diragukan, ” ungkap Dr Brown.

Sisi spiral dari galaksi ‘Milky Way’ yang juga adalah letak tata surya kita yaitu salah satu ruang yang ‘sibuk’. Sisi ini penuh dengan bintang-bintang, debu luar angkasa dan awan partikel–serta materi gelap. Beberapa hal inilah yang membuat galaksi.

“Materi gelap tidaklah satu unsur yang konvensional, ” jelas Dr Brown lagi. “Materi dapat menghancurkan dan membuat bintang. Materi gelap yaitu awan difusi dimana di dalamnya ada galaksi. Materi ini tak seutuhnya terkonsentrasi, hingga sangatlah susah memikirkan materi ini jadi pemicu satu kesibukan khusus di tata surya kita. ”

Terkecuali tidak sering berhubungan langsung dengan planet, materi gelap ini mempunyai massa yang sangatlah ringan hingga membuatnya susah untuk terdeteksi.

Inilah yang bikin Dr Brown memiliki pendapat bahwa susah untuk materi ini agar bisa membuahkan tekanan gravitasi yang dapat memporakporandakan suatu planet. Jikalau benar materi ini mengakibatkan kepunahan di bumi, jadi manusia akan melihat dampak beriak di bintang lain. Tetapi selama ini dampak seperti ini belum diketemukan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ditemukan Materi Gelap yang Picu Kepunahan Makhluk Bumi

0 comments:

Posting Komentar

Kolom komentar Rajawow.com tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam ber ekspresi. Setialah pada topik dalam berkomentar yang berisi link aktif dan komentar yang tidak relafan akan di hapus dan Jika artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.
.