RajaWow Menyajikan Berita Unik, Kejadian Aneh dan Misteri di Dunia.

Ditemukan Planet Bercincin Selain Saturnus

 Ditemukan Planet Bercincin Selain Saturnus -Mungkin saja anda sudah pernah tahu kalau planet Saturnus adalah planet bercincin yang ada didalam sistem tata surya kita. Walau demikian, nyatanya Saturnus tidaklah hanya satu planet bercincin. Pasalnya, beberapa waktu terakhir sudah ditemukan planet bercincin yang lain selain Saturnus.

Menurut suatu riset, ada suatu eksoplanet yang memiliki ukuran semakin besar dari Jupiter bernama J1407b dengan cincin yang ukurannya 200 kali semakin besar dari kepunyaan Saturnus. Dari laporan Science Recorder, Senin (16/2/2015), riset baru itu mengungkap bahwa planet itu mempunyai 30 cincin raksasa. Semasing cincin mempunyai diameter meraih 16 juta kilometer, lengkap dengan bulan yang terdapat di sela-sela cincin guna membantu menjelaskan bentuk cincin tersebut.

Lebih menarik lagi, jika cincin-cincin eksoplanet J1497b ditempatkan di sistem tata surya, jadi ia akan berjejer dari Bumi sampai matahari yang jaraknya sekitar 150 juta km..

“Kami perlu waktu sekitar setahun untuk memberikan keyakinan diri sendiri dengan apa yang kita saksikan, ” tutur pakar astronomi dari Kampus Rochester, Eric Mamajek, seperti diambil dari laporan Time.

Beberapa pakar astronomi dalam tim ini dapat berperan serta dalam proyek SuperWASP atau proyek pencarian planet baru.

Observasi ini berlangsung waktu eksoplanet J1497b tengah mengorbit bintang induknya, J1497. Mereka temukan bahwa saat eksoplanet ini melalui bintangnya, umumnya ada sejenis titik pada sinar bintang yang cuma bertahan sebagian jam. Tetapi, untuk masalah J1497b, sinar bintang meredup sepanjang dua bulan.

Beberapa astronom memelajari sinar redup serta jelas dengan cara bergantian yang dipancarkan oleh bintangnya. Mereka dapat menilainya tanda sinar bintang dari saat ke saat untuk memastikan karakter cincin raksasa tersebut .

Baca Juga [VIDEO] Detik-Detik Meledaknya Roket Antares Milik NASA

“Detail yang kami awasi dalam kurva sinar bintang itu sungguh mengagumkan, ” tutur Matthew Kenworthy dari Observatorium Leiden, Belanda, yang juga bertindak juga sebagai penulis paling utama riset ini. “Gerhana berlangsung selama beberapa minggu, namun kita dapat melihat pergantian yang cepat pada skala waktu puluhan menit sebagai hasil dari susunan halus cincin, ” lanjutnya.

Baca Juga wow Nasa menemukan air di planet mars

Masih tetap menurut Kenworthy, jika cincin Saturnus ditukar dengan cincin J1497b, cincin-cincin raksasa itu dapat tampak pada malam hari serta akan semakin besar dari bulan purnama.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ditemukan Planet Bercincin Selain Saturnus

0 comments:

Posting Komentar

Kolom komentar Rajawow.com tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam ber ekspresi. Setialah pada topik dalam berkomentar yang berisi link aktif dan komentar yang tidak relafan akan di hapus dan Jika artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.
.