RajaWow Menyajikan Berita Unik, Kejadian Aneh dan Misteri di Dunia.

Inilah Wujud Awal Permukaan Bumi

Inilah Wujud Awal Permukaan Bumi

Bumi di ketahui sudah berusia 4, 54 miliar tahun mulai sejak peristiwa dentuman besar Big Bang. Tentang bentuk awal bumi, dalam teori lama dijelaskan permukaan planet diselimuti magma yang sangatlah panas.

Namun riset ahli geologi Universitas Vanderbilt, Tennessee, Amerika Serikat menyanggah teori lama itu. Alih-alih diselimuti panasnya magma, kondisi awal bumi dijelaskan justru sudah sama seperi deskripsi dunia yang ada sekarang ini. Bumi pada saat awal telah komplit dengan lautan serta benua.

Ditulis dari Daily Mail, Rabu (26/2/2015), rangkuman ilmuwan itu sesudah mereka memahami batuan mineral kuno bekas bumi awal atau sirkon di Islandia. Lokasi Islandia sampai kini dianggap mewakili gambaran bumi pada saat awal.

Kenyataannya, hasil analisis batu mineral kristal yang ada di Islandia memanglah menunjukkkan terbentuk dari formasi panas, tetapi batu mineral kristal itu tidak cocok dengan komposisi batu mineral yang ditemukan di daerah lain di belahan bumi.

“Kami menemukan sirkon (batu mineral) Islandia cukup tidak sama dari kristal yang terbentuk dari tempat lain di Bumi modern, ” jelas Tamara Carley, salah satu mahasiswi doktoral Universitas Vanderbilt.

Temuan itu sekalian menyanggah teori lama, bahwa Islandia kenyataannya tidak mewakili analogi bumi pada saat awal.

Carley berbarengan timnya juga temukan batu mineral itu terbentuk dalam magma yang sangatlah tidak sama dengan batu mineral Hadean. Hadean adalah masa awal bumi waktu berumur 500 juta tahun.

Dalam analisis, peneliti menghimpun sampel gunung berapi serta pasir yang datang dari erosi gunung berapi Islandia. Sampel lalu memisahkan beberapa ribu sampel batu mineral kristal yang mencakup keragaman lokasi pulau, usianya dan dianalisa komposisi unsur isotopnya.

Atas basic itu, peneliti meyakini sudah menunjukkan teori lama bahwa saat awal bumi diselimuti panas magma yaitu salah. Terlebih bentuk bumi pertama kali dapat dikatakan sebagai Taman Eden, bukannya panas magma seperti neraka.

“Kesimpulan kami berlawanan dengan intuisi. Batu mineral Hadean tumbuh dari magma yang agak serupa dengan yang dibuat pada zona subduksi moderen, namun rupanya lebh dingin serta basah dibanding batu mineral yang dihasilkan pada sekarang ini, ” jelas Profesor Calvin Miller, pemimpin riset

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah Wujud Awal Permukaan Bumi

0 comments:

Posting Komentar

Kolom komentar Rajawow.com tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam ber ekspresi. Setialah pada topik dalam berkomentar yang berisi link aktif dan komentar yang tidak relafan akan di hapus dan Jika artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.
.