RajaWow Menyajikan Berita Unik, Kejadian Aneh dan Misteri di Dunia.

Kenapa Langit dan Laut Warnanya Biru?

 
Kenapa Langit dan Laut Warnanya Biru? -
Sempatkah anda memikirkan kenapa langit serta laut itu terlihat biru? Walau sebenarnya bila kita dekati, langit serta laut itu tak berwarna. Nyatanya, warna biru yang kita saksikan di langit itu adalah hasil dispersi sinar matahari.

Matahari pancarkan sinar putih ke bumi. Bumi dilindungi oleh atmosfer yang tersusun dari beragam jenis gas seperti nitrogen, oksigen, argon, serta uap air yang dapat menyerap sinar putih tadi.

Bila anda ingat, di pelajaran fisika pernah disinggung tentang sinar putih yang bila ditinggalkan bagian prisma, maka akan terdispersi jadi spektrum sinar yang menghadirkan beragam warna. Demikian juga dengan sinar matahari, sinar ini setelah masuk melalui atmosfer bumi, akan terdispersi menjadi berbagai jenis panjang gelombang. Masing-masing panjang gelombang ini akan muncul sebagai berbagai macam warna seperti warna pelangi.

Setiap warna dipancarkan pada ketebalan prisma yang tidak sama. Panjang gelombang yang tinggi jika di tangkap oleh mata akan tampak juga sebagai warna merah, orange, serta kuning. Sedang panjang gelombang yang rendah dikenali oleh mata juga sebagai warna biru, ungu, serta hijau.

Beberapa warna yang mempunyai panjang gelombang tinggi tadi bakal diteruskan dengan cara lurus sedang beberapa warna yang panjang gelombangnya rendah bakal disebarkan ke semua arah. Itulah kenapa warna biru menjadi dominan di langit lantaran warna biru dari sinar matahari disebarkan ke semua arah.

  momen yang diterangkan pada paragraf diatas diberi nama Rayleigh scattering. Menurut Rayleigh, sinar yang mempunyai panjang gelombang rendah bakal mempunyai intensitas perpendaran yang semakin besar.

Saat senja mendekati, langit bakal beralih warna jadi merah kekuningan. Hal semacam ini berlangsung lantaran posisi matahari yang semula pas diatas kita beralih jadi serong hingga jarak pandang kita juga beralih.

Lantaran jarak yang beralih ini, jadi ketebalan atmosfer yang ditembus sinar matahari sampai ke mata kita juga jadi tambah tidak tipis. Atmosfer bumi kita bisa dianalogikan seperti prisma yang bakal melanjutkan sinar dengan warna spesifik pada ketebalan spesifik.

Warna yang mempunyai panjang gelombang tinggi seperti warna merah diteruskan pada atmosfer yang lebih tidak tipis hingga warna langit terlihat merah jingga ketika matahari terbit atau tenggelam. Warna biru pada laut tidak lain adalah pantulan dari warna langit.

Saat ini kamu paham.kamu mengerti alasan mengapa warna langit serta laut berwarna biru. Tentu warna biru di langit itu baru dapat tampak bila tidak mendung.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kenapa Langit dan Laut Warnanya Biru?

0 comments:

Posting Komentar

Kolom komentar Rajawow.com tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam ber ekspresi. Setialah pada topik dalam berkomentar yang berisi link aktif dan komentar yang tidak relafan akan di hapus dan Jika artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.
.