RajaWow Menyajikan Berita Unik, Kejadian Aneh dan Misteri di Dunia.

Tahukah Kamu? Hitler Pernah Panjat Menara Eiffel



Siapa yg tidak kenal dengan Menara Eiffel? Menara yang sangatlah populer ini sudah jadi ikon global Prancis serta adalah salah satu bangunan bersejarah didunia. Menara ini diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889. Menara yang terdapat di kota Paris ini di kenal dengan juga sebutan “La dame de fer”.

Mengapa dinamakan Eiffel? karena sebagai sinyal penghormatan pada Gustav Eiffel, insinyur yang sudah membuat bangunan momentum ini. Awal mulanya, Gustav Eiffel merencanakan membangunnya di kota Barcelona, Spanyol. Tetapi usulannya itu tidak diterima oleh pihak Barcelona lantaran dikira terlampau mahal untuk suatu menara dengan rancangan yang aneh. Lantas Gustav juga mengusulkannya ke pihak Prancis. Usulannya itu di terima, serta lalu Gustav membangun menara Eiffel di Champ de Mars, di pinggir sungai Seine di Paris.

Saat diresmikan pada tahun 1889, menara Eiffel jadi bangunan paling tinggi didunia. Tetapi pada tahun 1930, gelarnya itu ditaklukkan oleh bangunan baru yang dimaksud Chrysler. Chrysler yaitu gedung perkantoran pencakar langit di Kota New York. Chrysler lebih tinggi 18 meter saat itu. Tetapi pada tahun 1957, untuk satu kepentingan, suatu antena penambahan dipasang diatas menara Eiffel. Karenanya ada penambahan antena itu, menara Eiffel jadi lebih tinggi dari pada gedung Chrysler. Saat ini, menara Eiffel yaitu bangunan paling tinggi ke lima di Prancis.

Serta nyatanya, yang lebih istimewa lagi, menara Eiffel ini mempunyai 3 corak warna. Hal semacam ini karena menara ini sangatlah tinggi, hingga perancangnya mengambil keputusan untuk berikan 3 corak warna cat untuk memperoleh dampak shading yang indah. Adapun warna yang lebih gelap ada di bagian fondasi nya, warna yang lebih jelas di bagian tengahnya, serta yang warna yang paling jelas untuk mengecat sisi teratas menara. Perawatan pada menara ini mesti menggunakan 60 ton kaleng cat setiap tujuh tahun sekali agar tak berkarat.

Tidak cuma itu, didalam menara Eiffel, ada 2 restoran. Pada tingkat pertama ada restoran Altitude 95. Serta pada lantai kedua ada suatu restoran Gastronomic yang mahal bernama Jules Verne. Disini, Anda bisa mencicipi masakan seseorang koki proffesional kelas dunia, Alain Ducasse. Ia disuruh untuk menggerakkan Jules Verne pada bulan Januari 2007.

Pada tahun 1912, Franz Reichelt yaitu penemu parasut terjun dari lantai 3 menara Eiffel. Reichelt mau lakukan eksperimen pada penemuan barunya yakni jaket parasut. Tetapi penemuan barunya itu tak berperan seperti harusnya hingga mengakibatkan kematiannya.

Sepanjang Perang Dunia Kedua berjalan, beberapa tentara Prancis sudah memotong kabel lift menara Eiffel. Mereka tidak mau pihak lawan bisa nikmati panorama yang mengagumkan dari atas menara Eiffel. Hingga saat pendudukan Nazi di Prancis, Hitler mesti memanjat sendiri menara ini agar bisa meraih ke atas. Pada tahun 1944, lift di menara Eiffel diperbaiki hingga pihak Sekutu memperoleh akses bebas untuk ke atas.

Miniatur kecil menara Eiffel ini menyebar di semua dunia seperti di Las Vegas (Amerika), Gaunchzhou Senczhen (Cina), Romania Slobozia, Copenhagen (Denmark), Varna (Bulgaria), Aktau (Kazakhztan) serta yang lain.

Gustav Eiffel mengabadikan nama 72 Insinyur, Ilmuwan, Matematikawan serta cendekiawan Prancis yang lain pada menara Eiffel.

Pada tahun 1925 – 1934, perusahaan mobil Citroen memakai 4 segi menara Eiffel untuk jadikan iklan. Hingga sekarang ini, iklan Citroen itu masih tetap jadi iklan yang paling besar.

Sepanjang pembangunan konstruksi menara ini, cuma 1 orang yang wafat. Ia terjatuh dari ketinggian.

Pada tanggal 10 September 1889, Thomas A. Edison berkunjung ke menara Eiffel. Ia lalu di tandatangani buku tamu serta menuliskan pesan pada Gustav Eiffel. Pesannya itu berisi penghargaan atas kekaguman Thomas pada hasil karya Gustav Eiffel

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tahukah Kamu? Hitler Pernah Panjat Menara Eiffel

0 comments:

Posting Komentar

Kolom komentar Rajawow.com tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam ber ekspresi. Setialah pada topik dalam berkomentar yang berisi link aktif dan komentar yang tidak relafan akan di hapus dan Jika artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.
.