RajaWow Menyajikan Berita Unik, Kejadian Aneh dan Misteri di Dunia.

raja pendidikan indonesia ki hadjar dewantara.


setiap bertepatan tanggal 2 mei dari sabang hingga marauke indonesia selalu memperingati hari HARDIKNAS [Hari Pendidikan Nasional] hal tersebut terjadi karena seorang tokoh yang bersusah payah berjuang mati-matian membela segenap anak indonesia agar setiap anak indonesia berhak tanpa kecuali mengenyam pendidikan beliau bernama ki Hadjar Dewantara.

berusaha membela Hak anak bangsa indonesia supaya setiap anak mendapatkan pendidikan sehingga beliau diusir dari negerinya sendiri yaitu indonesia dan di asingkan ke belanda pada tahun 1913 akibat menulis sebuah surat kabar berjudul "Als ik een nederlands"yang artinya seumpama aku seorang belanda. walau demikiaan ia berusaha kembali lagi ketanah pertiwi indonesia di tahun 1919 dengan membangun sebuah lembaga pendidikan bernama "Pendidikan Taman Siswa" bertujuaan barang siapa boleh merasakan nikmatnya pendidikan di lembaga ini tanpa ada kecuali.

Ki Hadjar Dewantara selalu tegas sangat gagah berani menantang kebijakan sistem pemerintahan Dindias Belanda dimana pada saat itu pendidikan hanya boleh dirasakan oleh anak kaum bangsawan saja sementara anak yang orang tuanya petani atau anak dari orang tua yang miskin tidak di perbolehkan menikmati rasa nikmatnya kursi pendidikan.raja pendidikan bapak pendidikan indonesia mengutuk keras sistem pendidikan yang hanya pilih kasih kasih.

Tut Wuri Handayani adalah filsofi dari Ki Hajar Dewantara Tut Wuri artinya [mengikuti dari belakang] sedangkan Handayani artinya adalah [memberikan motivasi] atau semangat moral.,yang bisa di artikan secara bahasa sederhana Tut wuri Handayani makna yang terkandung di dalamnya adalah {{Di depan memberikan contoh,ditengah memberikan semangat,sedangkan di belakang memberikan dorongat}} apakah maksud dari hal tersebut??? Bahwa seorang pendidik/guru di kala di depan murid harus memberikan Tauladan,disaaat tampil dihadapan siswa mampu memberikan ide serta prakasa,disaat di belakang siswa seorang guru harus bisa memberikan dorongan moral kepada siswa.

Pahlawan pendidikan bernama lengkap Raden Mas soewardi soejaningrat yang lahir diyogyakarta bertepatan tanggal 2 mei 1889 pada tahun 1992 beliau mengubah namanya menjadi Ki Hadjar Dewantara ia merubah namanya tidak lain adalah untuk berbaur menjadi masyarakat biasa dan menyembunyikan gelar kebangsawanannya sebab Ki Hadjar Dewantara tidak menyukai pendidikan tidak dapat dirasakan oleh masyarakat miskin maka dari pada itu untuk membalas jasa Raden Mas soerjaningrat diadakanlah setiap tanggal 2 mei upacar dan perayaan hari pendidikan nasional bertepatan dengan tanggal lahir beliau yang meninggal dunia pada 26 April 1959.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : raja pendidikan indonesia ki hadjar dewantara.

0 comments:

Posting Komentar

Kolom komentar Rajawow.com tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam ber ekspresi. Setialah pada topik dalam berkomentar yang berisi link aktif dan komentar yang tidak relafan akan di hapus dan Jika artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.
.