RajaWow Menyajikan Berita Unik, Kejadian Aneh dan Misteri di Dunia.

aneka macam ragam jenis batik indonesia

Berbagai Macam Jenis Batik yang Ada di Indonesia - Siapa sih disini tang tak kenal dengan yang namanya batik? Ya, batik merupakan sebuah "corak" yang khas dan berasal dari Indonesia. Batik sendiri di Indonesia sangat banyak jenisnya, yaitu ada batiki jlamprang, batik terang bulan, kemudian ada batik cap kombinasi tulis, ada pula batik tiga negeri pekalongan, kemudian ada batik tribusana, lalu ada juga batik pangan atau bisa juga kita sebut dengan batik petani, lalu ada pula batik Sogan Pekalongan.
aneka ragam jenis batik yang ada di indonesia
aneka ragam jenis batik yang ada di indonesia

Dan kita kali ini akan membahas mengenai berbagai macam batik-batik tersebut. Yah, sebagai orang Indonesia tentunya kita perlu cinta dengan berbagai kebudayaan Indonesia, sementara itu kan salah satu kebudayaan Indonesia adalah batik. Oke langsung saja kita bahas mengenai berbagai macam jenis batik yang ada di Indonesia.
  • Batik Jlamprang

Oke yang pertama kita akan membahas tentang batik Jlamprang. Batik Jlamprang ini merupakan batik yang berasal atau batik khas dari Pekalongan. Motif dari batik Jlamprang ini juga terbilang unik, yaitu bentuknya geometris dan terkadang juga bentuknya bermotif bintang atau mata angin. Sementara itu alat yang digunakan untuk membuat corak batik ini adalah canting yang digunakan pada ujungnya yang berbentuk segi empat.
  • Batik Terang Bulan

Di jenis batik yang kedua kita akan membahas tentang batik terang bulan. Pada umumnya sih, batik terang bulan ini memiliki desain yang berada di bagian bawah saja, baik itu berpa lung-lungan atau bisa juga berupa ornamen pasung. Kemudian di bagian atasnya itu kosong atau hanya berupa titik-titik (Titik tersebut umumnya berwarna hitam yang banyak). Batik terang bulan ini juga memiliki nama lain, apa nama lainnya? Nama lain batik terang bulan adalah gedong atau juga ram-raman, unik ya.
  • Batik Cap Kombinasi Tulis

Oke sekarang kita beralih ke jenis batik yang ketiga, yaitu batik cap kombinasi tulis. Batik cap kombinasi tulis ini di bentuk atau dibuat dengan memakai atau menggunakan batik cap dan juga batik tulis murni. Sehabis di proses dengan menggunakan canting cap, maka kain batik tersebut kembali di tulis dengan menggunakan canting tangan tentunya, hal tersebut di lakukan guna untuk membuat motif menjadi halus. Proses ini baisanya di butuhkan guna untuk mempercepat produksi dari batik dan juga keseragaman.

Mungkin anda meminati alat musik tradisional indonesia di koleksi meseum spanyol
  • Batik 3 Negeri Pekalongan

Sekarang kita beralih ke jenis batik yang keempat, yaitu batik tiga negeri pekalongan. Batik 3 negeri pekalongan ini mempunyai lebih dari satu warna di dalam satu kain, yaitu diantaranya adalah merah, warna biru, warna soga. Ada sejarah dibalik batik 3 negeri pekalongan, apa itu? Proses pewarnaan ini harus membutuhkan 3 tempat, yaitu Lasem, Pekalongan, dan juga Solo. Nah, di warna merah, si batik maker (Pembuat Batik) kudu atau harus menuju ke wilayah Lasem, sementara untuk warna biru, para pembatik perlu menuju ke pekalongan, dan bisa membuat warna soga (Sebutan lain untuk warna coklat) perlu menuju ke wilayah Solo.

Baca Juga Tari Jaipongan: Simbol Pergaulan, Eksotisme dan Keceriaan Pasundan

Dengan kerumitan level max tersebut tentunya bakal membuat harga dari batik 3 negeri pekalongan ini sangat mahal, namun tentunya batik yang akan kamu dapatkan, entah itu dari desainnya, bentuknya, coraknya pasti akan membuat kamu bangga memiliki atau telah membeli batik 3 negeri pekalongan ini. Semoga bermanfaat dari berbagai jenis model batik indonesia

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : aneka macam ragam jenis batik indonesia

0 comments:

Posting Komentar

Kolom komentar Rajawow.com tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam ber ekspresi. Setialah pada topik dalam berkomentar yang berisi link aktif dan komentar yang tidak relafan akan di hapus dan Jika artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.
.