RajaWow Menyajikan Berita Unik, Kejadian Aneh dan Misteri di Dunia.

Rumus Perkaliaan dengan menggunakan jari tangan

Rumus perkaliaan menggunakan 10 jari tangan

Rajawow.com-Rahasia teknik Rumus menghitung perkaliaan menggunakan jari tangan sebenarnya telah lama ditemukan oleh ilmuwan hanya sedikit sekali yang mengetahuinya maka agar rumus perkaliaan menggunakan jari tangan tetap utuh sampai ke anak cucu serta komponen masyarakat awam mengetahuinya akan kita kupas tuntas secara gamblang di rajawow hal ini sangat penting mengingat matematika khususnya di bidang perkaliaan adalah sebuah ilmu pasti yang sering kita berinteraksi dengannya di kehidupan nyata karena setiap saat kita dituntut untuk menggunakannya.
Rumus perkaliaan menggunakan jari tangan
Rumus perkaliaan menggunakan jari tangan

Rumus perkaliaan dengan menggunakan jari tangan hanya berlaku untuk perkaliaan diatas 5 yang akan dikalikan lebih besar dari 5 yaitu dimulai dari perkaliaan :

6x6=... 7x6=... 8x6=... 9x6=...
6x7=... 7x7=... 8x7=... 9x7=...
6x8=... 7x8=... 8x8=... 9x8=...
6x9=... 7x9=... 8x9=... 9x9=...

contoh 1= 7x7=...
Penyelesaiaan:
Rentangkanlah terlebih dahulu jari tangan anda selanjutnya hitunglah jari anda sebanyak 7 (tujuh) sisanya yaitu jari kelingking,jari manis dan jari tengah silakan ditutup! dari jari yang sudah tertutup hitung lagi (tanpa melepas lipatan jari) sebanyak 7 (tujuh) maka akan terlihat tangan sebelah kiri dan kanan seperti orang yang sedang menembak! cara untuk mendapatkan hasil perkaliaan menggunakan jari tangan adalah jari yang terbuka sebelah kanan (+) ditambah jari terbuka sebelah kiri sedangkan jari yang tertutup sebelah kiri (X) dikalikan jari tangan sebelah kanan dapat dirumuskan sebagai berikut:

JB+JB=HjB   sama artinya 2+2=4
JTxJT=HJT   sama artinya 3x3=9
HJB#HJT=JTB sama artinya 4#9=49

jadi dari hasil contoh 1 7x7=49.
catatan :
JB =Jari Terbuka
JT =Jari Tertutup
HJB=Hasil penambahan (+) Jari Buka
HJT=Hasil Perkaliaan (x) Jari Tertutup.
JTB=Hasil perpindahan HJB dan HJT.

perlu anda ketahui bahwa apabila anda menemukan HJT (Hasil perkaliaan jari tertutup) lebih dari 10 atau puluhan maka yang dipakai adalah satuaannya sedangka puluhannya ditambahkan ke HJB sebagai satuaan untuk memahami tentang ini kita buat contoh ke 2

6x6=...
Penyelesaiaan:
rentangkan jari tangan anda hitunglah sebanyak 6 sisanya ditutup! lalu hitung lagi sebanyak 6 dari jari yang tertutup maka akan tampak tangan anda sebelah kiri dan kanan layaknya seperti orang yang sedang memberikan pujiaan atau like kepada orang lain/seseorang untuk mendapatkan hasilnya 6x6 ingat Rumus!

Rumus perkaliaan menggunakan jari tangan
JB+JB=HjB   sama artinya 2+2=4
JTxJT=HJT   sama artinya 3x3=9
HJB#HJT=JTB sama artinya 4#9=49

telah kita ketahui bahwa jari terbuka kiri+kanan 1+1 semuanya ada 2 sementara jari tertutup kanan ada 4 kiri 4 berdasarkan rumus harus dikalikan sama artinya 4x4=16 hanya dipakai 6 ingat bilamana hasil perkaliaan puluhan atau lebih dari 10 maka yang digunakan satuaannya lalu ditambahkan ke dalam HJB dihitung sebagai satuaan.
sama artinya :
1+1+(1)=3
4x4=(1)6
=36

untuk lebih memahaminya berikut video (Menyusul) Rumus perkaliaan menggunakan jari tangan.
Video

JB atau JT nya bisa juga kita tukar posisi dengan kata lain bisa kita bolak balik untuk cara mencari hasil rumus perkaliaan dengan 10 jari tangan mari kita buktikan!

Ex: 8x7=...
hitunglah anak jari sebanyak 8 terlebih dahulu lalu tutuplah Delapan jari tersebut hingga jari yang terbuka tersisa 2 yakni kelingking dan jari manis dari jari terbuka hitung kembali sebanyak 7 tanpa melepas jari yang tertutup! kemudiaan sisa dari tujuh silakan dibuka/dilepas jarinya!   

rumus penyelesaiaan perkaliaan
JT+JT       sama pengertiaannya 3+2=5
JBxJB       sama pengertiaannya 3x2=6
HJB#HJT=JTB sama pengertiaannya 5#6=56 
jadi 8x7=56.

kelebihan dan kekurangan Rumus perkaliaan menggunakan jari tangan.

Rumus tersebut tentu mempunyai dampak sisi postif dan negatifnya kelebihannya dapat membantu seseorang yang memiliki IQ Rendah atau faktor usia memori otaknya sudah full dalam menghafal ilmu kali-kali sehingga bisa mengetahui jumlah perkaliaan bahkan dapat dijadikan sebagai pengganti peran kalkulator dalam kontek perkaliaan yang telah kita sebutkan diatas lebih dari itu untuk menemukan hasil jumlah dalam perkaliaan secara akurat,rumus perkaliaan menggunakan jari tangan lebih baik di pelajari demi mendukung kepastiaan hafalan perkaliaan diluar kepala.

Dampak buruk Rumus menghitung perkaliaan menggunakan jari tangan

sebenarnya kekurangannya tidak terlalu berdampak merugikan mendukung seseorang malas untuk menghafal perkaliaan di luar kepala walau demikiaan masih tetap mengetahui ilmu matematika mengenai perkaliaan meskipun rumus jari tangan pada perkaliaan agak sedikit lambat bila kita bandingkan dengan orang yang menghafalnya diluar kepala.

untuk melatih pemahaman dan kecerdasan anda mengenai rumus perkaliaan dengan jari tangan selesaikan soal dibawah ini dengan menulisnya di dalam kotak komentar!

1.9x9=...
2.8x9=...
3.8x8=...
4.9x6=...
5.7x9=...
  

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Rumus Perkaliaan dengan menggunakan jari tangan

0 comments:

Posting Komentar

Kolom komentar Rajawow.com tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam ber ekspresi. Setialah pada topik dalam berkomentar yang berisi link aktif dan komentar yang tidak relafan akan di hapus dan Jika artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.
.