RajaWow Menyajikan Berita Unik, Kejadian Aneh dan Misteri di Dunia.

6 Manfaat Jamur Kuping Bagi Kesehatan

Jamur Kuping jpg
Ilustrasi Jamur Kuping
RajaWow.com - Siapa yang tidak mengenal jamur yang satu ini, jamur yang memiliki tekstur kenyal, berwarna coklat tua setengah bening, dan berbentuk seperti mangkuk yang menyerupai daun telinga manusia. Jamur dengan nama latin Auricularia polytricha ini termasuk ke dalam golongan jelly fungi. Jamur ini biasanya dapat kita jumpai pada waktu musim penghujan dan banyak tumbuh menempel di atas batang kayu yang sudah lapuk atau membusuk di tempat basah dan lembap. Biasanya jamur ini dapat kita jumpai pada pasar dengan bentuk sudah kering. Selain dapat dijadikan sebagai olahan masakan yang sedap, jamur kuping hitam juga sudah sejak lama terkenal akan khasiat yang terdapat di dalamnya yang mana berguna bagi kesehatan manusia. Berikut beberapa manfaat sehat yang dapat diberikan jamur kuping hitam jika kita mengkonsumsinya dengan teratur.

1.    Dapat mencegah datangnya gangguan Alzheimer
Jamur kuping merupakan salah satu jenis bahan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang ingin memiliki hidup yang berkualitas dan sehat, terutama bagi mereka yang telah memiliki usia lanjut. Ekstrak dari zat Polisakarida yang terdapat di dalam jamur kuping dapat menghambat penyebaran penyakit Alzheimer.


2.    Mencegah terjadinya Iritasi dan Peradangan
Ekstrak Polisakarida yang terdapat di dalam jamur kuping bersifat anti peradangan. Hal ini dapat berguna untuk menghentikan atau mengobati sebuah iritasi dan peradangan yang terjadi pada tubuh, terutama pada selaput lendir.


3.    Mengobati Penyakit Hipertensi
Para pakar ahli menunjukkan sebuah bukti bahwa jamur kuping memiliki kandungan obat yang sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan kadar glukosa dalam darah. Efek Hiperkolesterolemia jamur kuping hitam dapat menjadi alasan, mengapa tanaman ini dikatakan mampu mengobati terjadinya obstruksi di bagian pembuluh arteri dan vena, terjadinya sclerosis pada pembuluh darah dan hipertensi. Ketika seseorang memiliki kadar kolesterol yang tinggi dalam aliran darahnya maka dapat mengakibatkan timbulnya kelebihan kolesterol dalam pembuluh arteri dan vena dan dapat menyebabkan Aterosklerosis dan Obstruksi pada pembuluh darah dan arteri.


4.    Mencegah Stroke dan Penyakit Jantung
Penyakit Stroke dan penyakit jantung merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh terjadinya penggumpalan darah yang akhirnya akan mengakibatkan aliran darah yang menuju ke jantung menjadi tersumbat maupun ke arah otak. Jika kita Sering mengkonsumsi jamur kuping secara rutin, maka dapat membantu menurunkan resiko terjadinya penyakit tersebut. Jamur kuping bekerja dengan cara membantu proses pengenceran darah serta dan menyeimbangkan darah dalam tubuh. Hal ini berguna untuk membantu kelancaran peredaran darah dalam tubuh yang nantinya berguna untuk mencegah datangnya penyakit stroke.


5.    Menurunkan Resiko Stress
Kandungan vit.B2 yang biasa dikenal sebagai zat Riboflavin yang terdapat dalam jamur kuping, berguna untuk membantu melindungi sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghindari stress.


6.    Penangkal Radikal Bebas
Tubuh manusia memerlukan zat Riboflavin untuk membantu mengubah kandungan karbohidrat agar menjadi zat glukosa yang nantinya akan di proses menjadi bahan bakar dalam tubuh. Senyawa ini berguna untuk menjaga kesehatan rambut, kesehatan kulit, organ mata, dan juga fungsi hati. Vit.B2 (Riboflavin) di dalam jamur kuping mampu bertindak sebagai zat Antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh pengaruh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini dan meningkatkan resiko seseorang untuk terkena kanker dan penyakit jantung.


Demikianlah 6 Manfaat Jamur Kuping Bagi Kesehatan yang perlu kamu ketahui.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 6 Manfaat Jamur Kuping Bagi Kesehatan

0 comments:

Posting Komentar

Kolom komentar Rajawow.com tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam ber ekspresi. Setialah pada topik dalam berkomentar yang berisi link aktif dan komentar yang tidak relafan akan di hapus dan Jika artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.
.