RajaWow Menyajikan Berita Unik, Kejadian Aneh dan Misteri di Dunia.

Kereta Api Terpanjang di Dunia

Kereta Api Terpanjang - Perlu Anda tahu terlebih dulu ini ya, bahwasanya tidak hanya memiliki satwa yang sangat unik dan dengan pemandangan alamnya yang eksotik. Ternyata Australia ini juga mempunyai serangkaian kereta api yang paling panjang di dunia. Bagaimana tidak, sebab kereta api asal Australia tersebut terdiri atas 44 gerbong dengan ukuran panjangnya yang setara 12 lapangan sepak bola. Wow, luar biasa kan!

train-the-ghan
The Ghan - image : www.australian-trains.com

The Ghan, nama kereta api terpanjang di dunia

The Ghan adalah salah satu jenis kereta api terpanjang di dunia yang dimiliki oleh Australia. Nama kereta api yang satu ini ternyata juga dinobatkan oleh The Guiness World Records, sebagai salah satu kereta api yang paling panjang di dunia. Yang mana panjang dari kereta api The Ghan ini resminya mencapai 3.600 kaki atau setara dengan 1.09 km, yang terdiri atas 44 gerbong penumpang dan juga 2 buah lokomotif.

Dari informasi yang kami dapatkan pada situs detikTravelm bahwasanya The Ghan tersebut adalah kereta api yang paling legendaris di Australia. Mulai beroperasi sejak tahun 1929 yang lalu, yang mana The Ghan tersebut melayani rute dari Adelaide menuju Darwin, membelah benua Australia mulai dari ujung selatan hingga ke ujung utara.

the-ghan-train
The Ghan - image : www.greatsouthernrail.com.au


Perjalanan sejauh 2.979 km tersebut bisa ditempuh kereta api yang satu ini hanya dalam waktu 54 jam, atau kurang lebihnya 3 hari 2 malam saja, hanya dengan satu kali pemberhentian di Alice Springs kurang lebih selama 4 jam. Kecepatan rata-rata sekitar 85 km/jam.
Memiliki jumlah gerbong sekitar 44 buah, kereta api The Ghan ini telah dipercaya bisa menampung sampai dengan 5.800 penumpang untuk satu kali jalan. Nah, untuk bisa melayani penumpang yang sebanyak itu, kereta api tersebut juga membekali dirinya dengan 6 gerbong restoran, 5 gerbong lounge, dan juga gerbong khusus barang-barang bawaan penumpang.

Tidak hanya itu saja, ada sekitar 55 kru yang siap bertugas untuk layani para penumpang. Untuk sekali perjalanan, kereta api satu ini siapkan sekitar 190 kg daging ikan, 3.000 butir telur, dan juga 190 kg sayuran untuk sarapan para penumpangnya. The Ghan juga layani rute dari Adelaide ke Darwin hanya salam 7 hari saja.

Kereta api The Ghan ini keluar sebagai jawara yang paling panjang dan mampu mengungguli saudaranya, yakni The Indian Pacific dengan panjang yang mencapai 2.540 kaki, kereta jarak jauh yang ada di India 1.970 kaki, dan kereta RC Lovomotive yang ada di Sweda memiliki panjang 1.740 kaki.

Demikian informasi tentang Kereta Api Terpanjang di Dunia yang bisa kami bagikan kepada Anda. Semoga saja bisa bermanfaat.







Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kereta Api Terpanjang di Dunia

0 comments:

Posting Komentar

Kolom komentar Rajawow.com tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam ber ekspresi. Setialah pada topik dalam berkomentar yang berisi link aktif dan komentar yang tidak relafan akan di hapus dan Jika artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.
.